Kamis, 14 Januari 2016

Fungsi Media Pembelajaran

Fungsi Media Pembelajaran


Terdapat dua fungsi utama media pembelajaran, pertama media adalah sebagai alat bantu pembelajaran, dan fungsi kedua adalah sebagai media sumber belajar. Kedua fungsi utama tersebut dapat ditelaah dalam ulasan di bawah ini.
  • Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran
Tentunya kita tahu bahwa setiap materi ajar memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Pada satu sisi ada materi ajar yang tidak memerlukan alat  bantu, tetapi di lain pihak ada materi ajar yang sangat memerlukan alat  bantu berupa media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud antara lain berupa globe, grafik, gambar, dan sebagainya. Materi ajar dengan tingkat kesukaran yang tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa.Tanpa bantuan media, maka materi ajar menjadi sukar dicerna dan dipahami oleh setiap siswa.
Hal ini akan semakin terasa apabila materi ajar tersebut abstrak dan rumit/kompleks. Sebagai alat bantu, media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini dilandasi keyakinan bahwa kegiatan pembelajaran dengan bantuan media mempertinggi kualitas kegiatan belajar siswa dalam tenggang waktu yang cukup lama. Itu berarti, kegiatan belajar siswa dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media. 
  • Media pembelajaran sebagai sumber belajar sekarang
Anda menelaah media sebagai sumber belajar.Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat bahan  pembelajaran untuk belajar peserta didik tersebut berasal. Sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi lima kategori, yaitu manusia, buku  perpustakaan, media massa, alam lingkungan, dan media pendidikan. Media pendidikan, sebagai salah satu sumber belajar, ikut membantu guru dalam memudahkan tercapainya pemahaman materi ajar oleh siswa, serta dapat memperkaya wawasan siswa.
Adapun mengapa media pembelajaran yang tepat dapat membawa keberhasilan belajar dan mengajar di kelas, menurut Levie dan Lentz (1982) karena media pembelajaran khususnya media visual memiliki empat fungsi yaitu:
  1. Fungsi atensi yaitu dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa untukberkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi dan pelajaran.
  2. Fungsi afektif yaitu dapat menggugah emosi dan sikap siswa.
  3. Fungsi kognitif  yaitu memperlancar tujuan untuk memahami dan menginga tinformasi / pesan yang terkandung dalam gambar. 
  4. Fungsi compensations yaitu dapat mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambatmenerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau secara verbal.
      Alasan-alasan mengapa media pembelajaran dapat mempertinggi proses  belajar siswa yaitu berkenaan dengan menfaat media  pengajaran itu sendiri, antara lain:
  1. Pengajaran lebih menarik perhatian siswa, sehingga menumbuhkan motivasi belajar. 
  2. Bahan pengajaran lebih jelas maknanya, sehingga dapat menguasaitujuan pembelajaran dengan baik. 
  3. Metode pengajaran akan  bervariasi.
  4. Siswa dapat lebih banyak melakukan aktivitas belajar, seperti mengamati,melakukan,mendemonstrasikan dan lain-lain.
Selan itu alsan yang lain yaitu sesuai dengan taraf  berpikir siswa. Dimulai dari taraf berfikir konkret menuju abstrak, dimulai dari yang sederhanamenuju berfikir yang kompleks.Sebab dengan adanya media pengajaran hal-hal yangabstrak dapat dikonkretkan, dan hal-hal yang kompleks dapat disederhanakan.


Sumber Referensi: Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar